Jumat, 03 Februari 2012

Al-Muhaddis al-Fashil, Ar-Romahurmuzy (360H)


Nama Kitab: Al-Muhaddits al-Fahil Baina ar-Rawi wa al-Wa’i
Penulis   : Al-Qadhi al-Hasan bin Abdurrahman ar-Ramahurmuzy
Tahqiq   : Ajjaj al-Khatib
Jml. Hlm   : 691 halaman
Penerbit   : Darul Fikr, Beirut
Cetakan   : Pertama, 1391 H / 1971 M

Kitab ini merupakan kitab pertama yang disusun dalam ilmu hadis menurut pendapat yang masyhur. Walaupun sebelumnya sudah ada beberapa karya yang membahas bidang kajian ilmu hadits secara terpisah-pisah. Penulis sendiri tidak bermaksud menyusun sebuah kitab musthalah hadits, akan tetapi beliau menyusun kitab ini sebagai penolakan terhadap orang-orang yang meremehkan ahli hadis, dan sebagai panduan bagi para pelajar hadis pada masanya dalam berakhlak.



Beberapa cabang ilmu hadis yang dibahas dalam buku ini:
Adab Thalib al-Hadis, Periwayatan dan Penulisan Hadis,’Ali dan Nazil, Metode Tahammul wa al-Ada’, dan Ma’rifah Ruwah al-Hadis.

Kitab ini belum membicarakan berbagai Musthalah Hadis, seperti pembagian hadis menjadi Mutawatir, Masyhur, ‘Aziz, dan Ahad. Pembagian hadis menjadi shahih, hasan, dan dha’if beserta cabang-cabangnya belum juga dibicarakan.

Begitu pula, dalam kitab ini tidak dibahas Anwa’ al-Riwayah seperti Riwayah al-Akabir ‘an al-Ashaghir, Riwayah al-Aqran, Riwayah al-Aba’ ‘an al-Abna’, dan masih banyak lagi.

al-Ramahurmuzi sepenuhnya merujuk pada ucapan-ucapan ahli hadis. Jadi, dapat dikatakan bahwa al-Ramahurmuzi tidak menjelaskan berdasarkan analisanya sendiri, tetapi hanya menukil saja.

Kitab ini merupakan kitab pertama yang disusun dalam ilmu hadis menurut pendapat yang masyhur. Kitab ini ditulis sebagai penolakan terhadap orang-orang yang meremehkan ahli hadis, dan sebagai panduan bagi para pelajar hadis pada masanya dalam berakhlaq. [KHO]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar