Jumat, 03 Februari 2012

Ma’rifat Ulum al-Hadis [Al-Hakim an-Naisabury (405H)]


Nama Kitab: Ma’rifat Ulum al-Hadis Wa Kammiyatu Ajnasihi
Penulis   : Al-Hakim Muhammad bin Abdullah an-Naisabury
Tahqiq   : As-Saji dan Taqi bin Shalah
Jml. Hlm   : 734 halaman (termasuk Tahqiq)
Penerbit   : Darul Ibnu Hazm, Beirut
Cetakan   : Pertama, 2003 M

Kitab ini disebut-sebut sebagai kitab kedua dalam sejarah perbukuan ilmu musthalah hadis. Memang, ar-Ramahurmuzy menulis lebih awal, tapi beliau tak menulis secara lengkap sebua bidang kajian ilmu hadits. Sementara, dalam kitabnya, Imam Hakim menuliskan 50 pembahasan dalam Ilmu Hadis. Akan tetapi, model penulisannya tidak runtut dan tidak rapi.

Sebagai dua bapak dalam ilmu mustahlah hadis (menurut muhaqqib kitab), para ulama akan selalu membandingkan kedua kitab mereka.



Dalam kitab ini, Ada beberapa tema yang disebutkan oleh Al-Hakim namun tak disebutkan oleh Ibnu Shalah; antara lain: tema tentang anak-anak sahabat, fikih hadits, al-muhkam, madzhab para ahli hadits, mudzakarah wa tamyizul hadits, maghazi Nabi saw., imam yang tsiqah dan masyhur dari kalangan tabiin dan sesudahnya, kelompok perawi yang haditsnya tidak bisa dijadikan hujjah, dan lain-lain.

Di sini lain, ada beberapa hal yang tentu saja disebutkan oleh Ibnu Shalah namun tak disebutkan al-Hakim.
Kitab al-Hakim tidak membahas istilah hasan, muttashil, marfu’, maqthu’, munkar, i’tibar, mutaba’at, dan syawahid, mudhtharib, maudhu’, maqlub, adab thalib dan muhaddits, al-Mazid fi Muttashil al-Asanid, dan metode tahammul dan Ada’, serta beberapa hal tentang hal ihwal para perawi dalam meriwayatkan hadits.[KHO]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar