Jumat, 03 Februari 2012

Kitab Klasik dalam Ilmu Hadis


Kitab-kitab ilmu hadis yang termasuk dalam kategori klasik adalah kitab-kitab yang ditulis dalam kurun tahun 360 H - 544 H. Orang yang pertama kali menulis kitab musthalah hadis adalah Abu Muhammad ar-Romahurmuzy (360 H) yang berjudul al-Muhaddits al-Fashil. 

Salah satu ciri dari penulisan kitab klasik ini adalah masih menggunakan sanad, baik dalam menyebutkan definisi suatu istilah dalam ilmu hadis maupun contohnya. Bagi sebagian orang, hal ini tentu sangat merepotkan. Ciri lainnya, para penulis belum menulis bahasan ilmu hadis secara menyeluruh.



Kitab-kitab ilmu hadis yang termasuk dalam kategori klasik adalah kitab-kitab yang ditulis pertama kali oleh Romahurmuzy (360 H). Salah satu ciri dari penulisan kitab klasik ini adalah masih menggunakan sanad, baik dalam menyebutkan definisi suatu istilah dalam ilmu hadis maupun contohnya. Bagi sebagian orang, mungkin hal ini merepotkan. 

Tak banyak sebenarnya kitab yang masuk dalam kategori ini. Setelah ar-Romahurmuzy, ada al-Hakim kemudian disusul Al-Asbahani, al-Baghdadi, al-Qadhi Iyadh, dan Al-Mayaniji. Barulah setelah itu masuk pada kategori kontemporer yang diawali oleh karya Ibnu Shalah. [KHO]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar