Senin, 17 Desember 2012

المُوْقِظَةُ في علم مصطلح الحديث

Pengarang : Al-Hafidz Abu Abdillah Adz-Dzahabi
Penerbit: Daru Ahad
Cetakan ke 1, Tahun 1994
Jumlah halaman : 75 halaman
Jumlah juz : 1 juz

Kitab ini merupakan kitab rangkuman dari kitab gurunya imam Adz-Dzahabi (Ibnu Daqiq al-’Id) yang berjudul Al-Iqtiroh. termasuk kitab ulumul hadis yang tergolong lengkap pembahasannya.


Secara garis besar kitab ini mencakup :
  • Pembahasan hadis Shahih, hasan dan dloif
  • Macam–macam hadis dloif beserta dengan definisinya dan contohnya(matruh, maudlu’, mursal, mu’dlol, munqoti, mudroj, dll)
  • Lafadz-lafadz yang digunakan dalam periwayatan hadis ( Al-Fadz al-ada’)
  • Adab yang harus diperhatikan oleh seorang Muhaddis
  • Tingkatan-tingkatan Al-Hafidz
  • Seputar hadis-hadis yang bertentangan (ikhtilaful hadis). 
Kelebihan Kitab

Kitab ini termasuk kitab ulumul hadis yang tergolong lumayan lengkap pembahasannya. Amr Abdul Mun’im As-Salim mengatakan bahwa kitab ini merupakan kitab yang sangat bermanfaat. Imam Adz-Dzahabi dalam kitab ini telah melakukan koreksi dan perbaikan terhadap kitab gurunya (Al-Iqtiroh) dengan memberikan beberapa keterangan tambahan yang bermanfaat terutama berkaitan dengan istilah-istilah yang digunakan dalam ilmu mustholahul hadis serta komentar tentang para rawi.

Kekurangan Kitab:

Sistematika dalam kitab ini menggunakan penomoran dalam pembahasan setiap istilah hadis yang digunakan sehingga memudahkan bagi pembaca untuk mengikuti pembahasannya secara lebih cermat.

Kitab ini tidak menggunakan pembahasan berdasarkan susunan perbab. Pembahasannya tidak dikelompokkan dalam berbagai bab sehingga pembahasan istilah hadis yang satu dengan yang lainnya bercampur dalam satu pembahasan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar