Senin, 17 Desember 2012

Sekilas tentang Kitab Ma’rifah Anwa’ Ulum al-Hadits

Kitab ini merupakan upaya yang sangat maksimal dalam melengkapi kelemahan di sana-sini karya-karya sebelumnya, seperti karya-karya al-Khatib dan ulama lainnya. Dalam kitabnya itu, ia menyebutkan secara lengkap 65 cabang ilmu Hadis dan menuangkan segala sesuatunya dengan detail. Mungkin ini pula yang menyebabkan kitab ini tidak cukup sistematis sesuai dengan judul babnya.

Kitab ini mengumpulkan apa yang tercerai berai dalam kitab-kitab sebelumnya, dan menyusunnya menjadi lebih baik. Berbeda dengan kitab-kitab sebelumnya yang menggunakan sanad dalam prose penukilan, maka Ibn al-Shalah, tidak menggunakan sanad lagi.

Ibn al-Shalah, di dalam kitab ini, menyampaikan berbagai perbedaan ulama, kemudian beliau mengkaji dan menganalisanya, sehingga menghasilkan tarjih

Secara metodologis juga materi pembahasan, karya-karya yang muncul belakangan tidak bisa melepaskan diri untuk selalu mengacu pada kitab ini. Popularitas kitab ini disebabkan karena ketercakupan bahasannya yang mampu mengapresiasi semua pembahasan ilmu Hadis. Bahkan keunggulan kitab ini telah menarik para ulama, khususnya yang datang sesudahnya, untuk memberikan komentar kitab tersebut. Tidak kurang dari 33 kitab telah membahas kitab Ibnu al-Shalah itu, baik berupa ikhtishar (ringkasan), syarh (ulasan), nazhm (puisi, syair), dan mu’aradhah (perbandingan).

معرفة أنواع علم الحديث لابن الصلاح

Tidak ada komentar:

Posting Komentar